UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA
Introduce 04/10/2011
 
Kimia (dari bahasa Farsi dan bahasa Indo-Eropa کیمیا / kimia "seni transformasi" "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.


Kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama. Terdapat pula beberapa cabang antar-bidang dan cabang-cabang yang lebih khusus dalam kimia.

Lima Cabang Utama:

Cabang - cabang Ilmu Kimia yang merupakan tumpang-tindih satu atau lebih lima cabang utama:

Bidang lain antara lain adalah astrokimiabiologi molekularelektrokimiafarmakologifitokimiafotokimiagenetika molekulargeokimiailmu bahankimia alirankimia atmosferkimia benda padat,kimia hijaukimia intikimia medisinalkimia komputasikimia lingkungankimia organologamkimia permukaankimia polimerkimia supramolekularnanoteknologipetrokimiasejarah kimia,sonokimiateknik kimia, serta termokimia.

 


Comments




Leave a Reply